CPNSD 2013: Penerimaan CPNSD Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2013

Posted by M@storo on 07 September 2013

PENGUMUMAN SELEKSI PENERIMAAN CPNSD UNTUK PELAMAR UMUM

PEMERINTAH KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN 2013

Pendaftaran Dibuka Senin 09 September 2013

Berdasarkan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi perihal Persetujuan Rincian Formasi CPNSD Tahun 2013 Untuk Pelamar Umum :

Kabupaten Pesisir Barat Nomor: R/138.F/M.PAN-RB/08/2013 tanggal 28 Agustus 2013

Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat, membuka kesempatan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2013 untuk mengisi lowongan formasi dengan kualifikasi pendidikan tertentu. Seluruh masyarakat dapat mengikuti test/ujian seleksi CPNS Daerah Formasi Tambahan Tahun 2013. Untuk itu diharapkan memenuhi ketentuan sebagai berikut:

I.   PERSYARATAN UMUM

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Mempunyai jenjang pendidikan, kecakapan, keahlian/jurusan yang sesuai/relevan dengan kebutuhan formasi yang tersedia.
  3. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota TNI/Anggota Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak berkedudukan sebagai  Pegawai Negeri Sipil atau Calon Pegawai Negeri Sipil.
  6. Berkelakuan baik.
  7. Sehat Jasmani dan rohani.
  8. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah.
  9. Bersedia melepaskan jabatan dan/atau keluar sebagai anggota partai politik pada saat dinyatakan lulus/diangkat sebagai CPNSD, dengan membuat pernyataan tertulis diatas materai yang diketahui oleh ketua pengurus partai politik yang bersangkutan.
  10. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun  dan paling tinggi 
    1. 35 (tiga puluh lima) tahun pada 31 Desember 2013.
    2. 40 (empat puluh) tahun pada 31 Desember 2013 bagi yang bekerja pada instansi Pemerintah lembaga Swasta yang berbadan  hukum yang menunjang kepentingan nasional secara terus menerus paling kurang 5 (lima) tahun pada tanggal 17 April 2002, sampai dengan 31 Desember 2013 s/d 1 Januari 2014 (16 tahun 9 bulan).

II. TATA CARA DAN SYARAT MELAMAR

  1. Lamaran dikirim melalui Kantor Pos
  2. Lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditanda tangani sendiri oleh pelamar yang ditujukan kepada Ketua Panitia Penerimaan CPNSD tempat melamar masing-masing dengan mencantumkan identitas/biodata : Nama, tempat/tanggal lahir, nama jabatan yang dilamar sesuai dengan formasi yang ada pada lampiran Pengumuman ini, pendidikan terakhir dan alamat tempat tinggal secara lengkap (Jalan, RT/RW, Kelurahan/Desa, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nomor Telepon/HP), dengan melampirkan:
    1. Foto Copy sah Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir 1 (satu) lembar yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan (surat keterangan lulus tidak berlaku);
    2. Foto copy KTP  atau SIM yang masih berlaku.
    3. Pas photo terbaru berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 4 lembar (ditulis nama dibelakang photo);
    4. Bagi yang usianya lebih dari 35 tahun sampai dengan 40 tahun dan mempunyai masa pengabdian pada Instansi Pemerintah/Lembaga Swasta yang berbadan hukum sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2002, harus melampirkan foto copy sah surat keputusan/bukti pengangkatan pertama sampai dengan terakhir. (dilegalisir oleh instansi yang mengeluarkan).
    5. Melampirkan amplop/sampul warna putih ukuran 10 x 22 cm yang telah ditulis nama dan alamat pelamar yang bersangkutan secara lengkap yang mudah dihubungi kantor pos terdekat (tuliskan kode pos), Nomor Telepon/HP serta ditempel perangko Rp. 3.000,- (tiga ribu rupiah) yang akan digunakan untuk memberikan jawaban oleh panitia penyelenggara kepada pelamar.
    6. Surat pernyataan tidak menggunakan Joki (download surat pernyataan)
    7. Surat pernyataan bersedia bekerja dan melaksanakan tugas di Pemerintah Kabupaten Mesuji sekurang-kurangnya selama 8 (delapan) tahun (download surat pernyataan)
    8. Stopmap folio 1 (satu) buah ditulis nama dan alamat lengkap, pendidikan/jurusan/program studi secara jelas.

      Warna Stop Map untuk masing-masing jabatan/pekerjaan:

      · Tenaga Guru : Warna Hijau

      · Tenaga Kesehatan : Warna Kuning

      · Tenaga Teknis : Warna Merah

  3. Surat Lamaran berikut lampirannya, dimasukkan kedalam amplop tertutup berukuran 29,5 x 39,5 cm dan pada pojok kiri atas ditulis alamat, jurusan/program study dan nama jabatan yang dilamar ditulis secara lengkap (alamat yang mudah dihubungi dan jika ada nomor telepon/HP yang dapat dihubungi), selanjutnya dikirimkan kepada KETUA PANITIA PENERIMAAN CPNSD KABUPATEN PESISIR BARAT, melalui kantor pos (dengan menggunakan layanan perlakuan khusus (PERLAKSUS) yaitu :

    Contoh :
    Kepada Yth.
    Ketua Panitia Penerimaan CPNSD Kabupaten Pesisir Barat
    di
    Krui PO.BOX 0005

  4. Catatan tentang legalisasi/pengesahan STTB/Ijazah:
    1. Untuk Ijazah yang diakui/dihargai adalah ijazah yang diperoleh dari sekolah/perguruan tinggi negeri dan/atau ijazah yang diperoleh dari sekolah atau perguruan tinggi swasta yang telah terakreditasi dan/atau telah mendapat izin penyelenggaraan dari Menteri yang bertanggung jawab dibidang pendidikan nasional atau pejabat lain yang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku berwenang menyelenggarakan pendidikan.
    2. Untuk Ijazah yang diperoleh dari sekolah/perguruan tinggi swasta setelah berlakunya keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 184/U/2001 tentang pedoman pengawasan pengendalian dan pembinaan program diploma, sarjana dan pasca sarjana di perguruan tinggi, yang belum tercantum izin penyelenggaraan dari Departemen Pendidikan Nasional harus melampirkan surat keterangan/pernyataan dari Pimpinan Perguruan Tinggi yang menyatakan bahwa Fakultas/Jurusan yang bersangkutan telah mendapat izin penyelenggaraan dari Departemen Pendidikan Nasional, dengan menyebutkan nomor dan tanggal keputusannya.
    3. Untuk Ijazah yang diperoleh dari sekolah/perguruan tinggi luar negeri harus mendapat penetapan penyetaraan dari Panitia Penilai Ijazah luar negeri Departemen Pendidikan Nasional. Khusus dibidang keagamaan, penetapan penyetaraan dilakukan oleh panitia penilai ijazah luar negeri departemen agama, dan dibidang kesehatan penetapan penyetaraan dilakukan oleh panitia penilai ijazah luar negeri departemen kesehatan.

Khusus untuk pelamar pada Kabupaten Pesisir Barat pendaftaran melalui on-line beralamat www.pesisirbaratkab.go.id (Kabupaten Pesisir Barat) serta mengirimkan berkas lamaran melalui Kantor Pos yang disertai dengan bukti pendaftaran on-line. Baca Tata Cara Pendaftaran online CPNS 2013;

III. WAKTU PENDAFTARAN DAN PEMANGGILAN PESERTA

  1. Pelamar memasukkan berkas lamaran melalui kantor pos, dimulai tanggal 6 September s/d 25 September 2013 berdasarkan cap stempel pos.

  2. Bagi pelamar yang memasukkan berkas lamarannya sebelum tanggal 6 September 2013 atau sesudah tanggal 25 September 2013 cap stempel pos, maka lamaran tersebut ditolak dan dianggap tidak memenuhi syarat.

  3. Pelamar yang memenuhi persyaratan, akan diberikan Nomor Tanda Peserta Ujian yang akan dikirim via pos mulai 20 September s/d 15 Oktober 2013.

  4. Bagi Pelamar yang belum menerima surat jawaban atau belum menerima Tanda Peserta Ujian sampai dengan tanggal 15 Oktober 2013 agar menghubungi Sekretariat Panitia dengan alamat Badan Kepegawaian Daerah masing-masing Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota tempat melamar dengan menunjukkan bukti tanda terima pengiriman berkas lamaran pada tanggal 16 s/d 17 Oktober 2013 pukul 08.00 s/d pukul 16.00 WIB. Sebelum dan/atau sesudah waktu tersebut tidak akan dilayani.

  5. Bagi pelamar yang telah menerima balasan dari panitia (menerima tanda peserta ujian) yang datanya terdapat kesalahan dan/atau dalam lembar tanda peserta ujian agar melakukan perbaikan ke masing-masing tempat dimana pelamar mendaftar pada tanggal 18 s/d 19 Oktober 2013.

  6. Berkas lamaran yang masuk menjadi hak panitia.

 IV.    WAKTU, TEMPAT DAN MATERI UJIAN

  1. Test/ujian akan dilaksanakan pada tanggal 3 November 2013 dimulai pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai.
  2. Tempat test/ujian dilaksanakan dilokasi yang akan ditentukan/diumumkan melalui  pengumuman bersama oleh masing – masing panitia daerah.
  3. Jenis Materi Ujian berupa Tes Kompetensi Dasar (TKD) terdiri dari:
    1. Tes Wawasan Kebangsaan.
    2. Tes Intelegensi Umum dan
    3. Tes Karakteristik Pribadi
  4. Pada saat pelamar mengikuti test/ujian, diharuskan membawa:
    1. Tanda Peserta Ujian Asli,
    2. Rata-rata Nilai STTB Minimal 7,00 (tujuh koma nol nol);
    3. KTP/SIM Asli,
    4. Pensil 2B yang dapat diolah komputer,
    5. Karet Penghapus,
    6. Rautan/Peruncing pensil,
    7. Alas untuk menulis.

IV.    FORMASI

Jumlah formasi dan lowongan jabatan/kualifikasi pendidikan yang akan diterima oleh Pemerintah Kabupaten Mesuji adalah sebagaimana tercantum dalam daftar berikut ini dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan.

NO

NAMA JABATAN

KUALIFIKASI PENDIDIKAN

GOL RUANG

JUMLAH ALOKASI

1

2

3

4

5

I

GURU

 

 

90

 

A. GURU SD

 

 

 

1

Guru Kelas

S1 PGSD

III/a

20

2

Guru Agama Islam

S1 Pend. Agama Islam

III/a

5

3

Guru Penjaskes

S1 Penjaskes

III/a

5

 

B. GURU SMP

 

 

 

1

Guru Bahasa Inggris

S1 Pendidikan B. Inggris

III/a

5

2

Guru Penjaskes

S1 Penjaskes

III/a

3

3

Guru Matematika

S1 Pendidikan Matematika

III/a

3

4

Guru Seni Budaya

S1 Pendidikan Seni Budaya

III/a

4

5

Guru Bahasa Indonesia

S.1 Pend .Bhs. Indonesia

III/a

2

6

Guru Bimbingan Konseling

S1 Pendidikan Bimb. Konseling

III/a

5

7

Guru PPKN

S1 Pendidikan PPKN

III/a

2

8

Guru Agama Islam

S1 Pendidikan Agama Islam

III/a

3

9

Guru IPA

S1 Pendidikan Fisika

III/a

2

 

C. GURU SMK

 

 

 

1

Guru Mekanik Otomotf

S1 Pendidikan Otomotif/S1 Teknik Mesin Akta IV

III/a

5

2

Guru Akuntansi

S1 Pend. Ekonomi/Akta IV

III/a

2

3

Guru Agrobisnis Perikanan

S1 Agrobisnis Perikanan/S1 Perikanan Akta IV

III/a

2

 

D. GURU SMA

 

 

 

1

Guru Bahasa Ingggris

S1 Pendidikan B. Inggris

III/a

3

2

Guru Matematika

S1 Pendidikan Matematika

III/a

3

3

Guru Kimia

S1 Pendidikan Kimia

III/a

2

4

Guru Bahasa Indonesia

S1 Pend. Bhs. Indonesia

III/a

2

5

Guru Penjaskes

S1 Penjaskes

III/a

2

6

Guru Sosiologi

S1 Sosiologi/Akta IV

III/a

3

7

Guru Seni Budaya

S1 Pendidikan Seni Budaya

III/a

2

8

Guru Agama Islam

S1 Pend. Agama Islam

III/a

3

9

Guru Bimbingan dan Konseling

S.1 Pend. Bimb. Konseling

III/a

2

 

 

 

 

 

II

TENAGA KESEHATAN

 

 

75

1

Dokter Umum

Dokter Umum

III/b

8

2

Dokter Gigi

Dokter Gigi

III/b

2

3

Apoteker

Apoteker

III/b

2

4

Tenaga Kesmas

S.1 Kesehatan Masyarakat

III/a

5

5

Perawat

S.1 Keperawatan

III/a

6

 

 

D.III Keperawatan

II/c

23

6

Bidan

D.III Kebidanan

II/c

19

7

Perawat Gigi

D.III Perawat Gigi

II/c

2

8

Analis Kesehatan

D.III analis Kesehatan

II/c

4

9

Sanitarian

D.III Kesehatan lingkungan

II/c

4

 

 

 

 

 

III

TENAGA TEKNIS LAINNYA

 

 

235

1

Penyusun Perencanaan Teknis

S1 Ekonomi Manajemen

III/a

16

2

Penyusun Rencana Kerja

S1 Ekonomi Manajemen

III/a

5

3

Penganalisa Penyusun Program

S1 Ekonomi Manajemen/S1 Ekonomi Pembangunan

III/a

14

4

Penata Laporan Keuangan

S1. Ekonomi Akuntansi

III/a

16

5

Auditor

S1 Ekonomi Akuntansi

III/a

9

6

Analis Tata Praja

S1 Fisipol

III/a

15

7

Analis Kepegawaian

S1 Fisipol

III/a

15

8

Analis Kesbangpol & linmas

S1 Fisipol

III/a

5

9

Penyuluh Sosial

S.1 Fisipol Sosiologi

III/a

2

10

Perancang Perundang-undangan

S1 Hukum

III/a

15

11

Analis Hukum

S1 Hukum

III/a

10

12

Analis Kepegawaian

S1 Hukum

III/a

10

13

Pranata Komputer

S1 Komputer

III/a

26

14

Penyuluh Pertanian

S1 Pertanian

III/a

5

15

Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman

S1 Pertanian

III/a

5

16

Penyuluh Kehutanan

S1 Kehutanan

III/a

2

17

Pranata Humas

S1 Fisipol hubungan Internasional

III/a

2

18

Pemandu Wisata

S1 Sastra Inggris

III/a

4

19

Penyuluh Sosial

S.1 STKS

III/a

1

20

Penyuluh Industri

S.1 Teknik Industri

III/a

2

21

Penyusun Perencanaan Teknis

S.1 Teknik Sipil

III/a

5

22

Petugas Medik Veteriner

Dokter Hewan

III/b

1

23

Psikolog

S 1 Psikologi

III/a

2

24

Pengevaluasi Penyelenggaraan Peternakan

S.1 Peternakan

III/a

2

25

Operator Komputer

D.III Komputer

II/c

20

26

Pengadministrasian Peraturan Perundang-undangan Perizinan

D.III Administrasi Perkantoran

II/c

5

27

Arsiparis

D.III Perpustakaan, Dokumentasi dan Informasi (Pusdokinfo)

II/c

5

28

Verifikator Keuangan

D.III Ekonomi Akuntansi

II/c

10

29

Verifikator Penanggung jawab Pelaksana Anggaran

D.III Ekonomi Pembangunan

II/c

3

30

Arsiparis

D.III Manajemen Perkantoran

II/c

3

 

JUMLAH SELURUHNYA

 

400

Informasi resmi, tata cara dan pelaksanaan pendaftaran online CPNSD Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2013 dapat diakses melalui website:

http://e-rekrutmen.pesisirbaratkab.go.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment