CPNS 2013: Penerimaan CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun 2013

Posted by M@storo on 15 September 2013

P E N G U M U M A N
Nomor : 01.Pm/72/SJP/2013
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral membuka kesempatan bagi warga negara Republik Indonesia yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dan memenuhi kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan untuk mengisi lowongan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2013.

I. Persyaratan

  1. Warga Negara Republik Indonesia.
  2. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusanpengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karenamelakukan sesuatu tindak pidana kejahatan.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiriatau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri, atau diberhentikan tidakdengan hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri/Pegawai Negeri.
  5. Sehat jasmani dan rohani.
  6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah.
  7. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.
  8. Usia pelamar sekurang-kurangnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya pada saat pelamaran (sejak tanggal penetapan pengumuman olehpejabat yang berwenang):
    1. 30 (tiga puluh) tahun untuk pelamar lulusan S-1 dan D-3;
    2. 35 (tiga puluh lima) tahun untuk pelamar lulusan S-2.
  9. Indek Prestasi Kumulatif (IPK) bagi pelamar lulusan pendidikan tinggi dalam negeri, berijazah :
    1. Pasca Sarjana (S-2) minimal 3,00 (tiga koma nol nol);
    2. Sarjana (S-1) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);
    3. Diploma Tiga (D-3) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima).
  10. Akreditasi A atau B untuk Jurusan/Program Studi pada tahun kelulusan danmasih berlaku yang dilegalisir Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
  11. Untuk jabatan-jabatan: Inspektur Migas, Inspektur Tambang, Inspektur Ketenagalistrikan dan jabatan lain dengan kualifikasi pendidikan: Hubungan Internasional, Ilmu Hukum (kecuali putra/i Papua), Ekonomi Akuntansi, Ekonomi Manajemen, Administrasi Negara/Publik, Ilmu Komunikasi, Toefl ITP/Paper Based Toefl minimal 450 (Setara dengan Computer Based Toeflminimal 133, Internet Based Toefl minimal 45), sedangkan untuk kualifikasi pendidikan Sastra Inggris Toefl ITP/Paper Based Toefl minimal 550 (Setara dengan Computer Based Toefl minimal 213, Internet Based Toefl minimal 79).
  12. Untuk Pelamar yang berasal dari Putra/i Papua:
    1. Salah satu atau kedua orang tua HARUS ASLI Papua, yangdibuktikan dengan fotokopi Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran;
    2. Pelaksanaan Tes Kemampuan Dasar (TKD) khusus Putra/i Papua akan dilaksanakan secara serentak oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), dengan jadwal tes akan ditentukan kemudian.
  13. Khusus untuk pelamar Disabilitas, kecacatan terbatas pada cacat anggota badan.

II. Persyaratan Administrasi

  1. Formulir Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun Anggaran 2013 beserta nomor registrasi yang dicetak langsung dari pendaftaran online.
  2. Surat lamaran ditulis tangan sendiri memakai tinta hitam (bukan ballpoint) di atas kertas segel atau kertas biasa bermeterai Rp. 6.000,00 (enam ribu rupiah) ditujukan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dengan melampirkan :
    1. Foto copy ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir yang dilegalisir, yaitu:
      1. Perguruan Tinggi Negeri disahkan oleh Rektor/ Dekan/ Ketua/Direktur/Pembantu Dekan Bidang Akademik;
      2. Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi disahkan oleh Rektor/Dekan/Ketua/Direktur/Pembantu Dekan Bidang Akademik;
      3. Pendidikan dari luar negeri dilengkapi dengan surat penetapan pengesahan/penyetaraan dari Menteri Pendidikan Nasional;
      4. Ijazah sementara tidak berlaku.
    2. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian Negara Republik Indonesia yang masih berlaku.
    3. Pas foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 3 (tiga) lembar (hitam putih dan tidak berkaca mata).
  3. Nama pelamar ditulis lengkap beserta dengan gelar akademik.
  4. Alamat pelamar harus ditulis secara lengkap dan jelas dengan mencantumkan kode pos, nomor telepon/handphone dan alamat email.
  5. Persyaratan khusus lainnya dapat dilihat pada lampiran pengumuman.

PENDAFTARAN ONLINE

  1. Pendaftaran CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun 2013 secara online dimulai pada tanggal 13 s/d 27 September 2013;
  2. Untuk pendaftaran online foto harus di upload dalam format *.jpg, dengan dimensi tinggi 320 px, lebar 240 px, dan ukuran maksimal 60Kb.

Saat pengisian pastikan untuk mengisi formulir dengan benar dan lengkap sesuai petunjuk tertulis. Kesalahan pengisian sehingga terjadi ketidaksesuaian dengan berkas lamaran mengakibatkan ketidaklulusan proses seleksi administrasi.

Semua berkas dan dokumen dimasukkan dalam map berwarna yang di bagian depannya ditulis NOMOR LAMARAN . Warna map adalah :

  • Hijau untuk D-3;
  • Kuning untuk S1;
  • Biru untuk S2.

Map lamaran beserta lampiran dimasukkan dalam amplop warna coklat dan tulis pada pojok kiri atas Kualifikasi Pendidikan, Jabatan dan Unit Kerja yang dilamar.

Kirimkan lamaran kepada Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun Anggaran 2013 melalui pos tercatat mulai tanggal 13 September 2013 (CAPPOS) dan berakhir pada tanggal 30 September 2013 (CAP POS), serta sudah harus diterima Panitia selambat-lambatnya tanggal 2 Oktober 2013, ditujukan kepada :

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan CPNS
KESDM Tahun 2013
PO BOX 1707 JKP 10017

Pengumuman resmi, Formasi jabatan, kualifikasi pendidikan, serta Informasi lain selengkapnya bisa dilihat pada lampiran di bawah:

Alamat registrasi online: cpns2013.esdm.go.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment