Tampilan baru dashboard Blogger

Posted by M@storo on 20 November 2011

Beberapa waktu yang lalu, Blogger mengaktifkan desain dashboard yang baru. Dashboard baru Blogger ini melewati proses desain yang panjang dan dirancang dari nol (Official Google Blog: Blogger’s fresh new look). Desain baru dashboard Blogger ini memberi beberapa peningkatan, yang paling utama adalah lebih ringan dan cepat. Tampilan baru dashboard Blogger didominasi warna putih dan abu-abu terang (light grey) dan memberikan kesan eksklusif.

Di bawah ini adalah tampilan dashboard blogger yang lama.

Blogger Dashboard, klik untuk tampilan besar

Untuk mencoba dashboard blogger yang baru, klik saja tulisan Try the updated Blogger interface (atau Coba antarmuka Blogger yang diperbarui untuk yang menggunakan bahasa Indonesia) di kanan atas dashboard. Kita akan mendapatkan dasboard blogger seperti di bawah ini:

Blogger Dashboard baru, klik untuk tampilan besar

Dan ini tampilan Overview dashboard blogger yang baru:

Overview Blogger Dashboard baru, klik untuk tampilan besar

Artikel atau posting merupakan bagian terpenting dari blog. Maka Pada dashboard baru ini, akses ke editor untuk membuat atau mengedit posting jadi lebih mudah dan cepat. Baik dari dashboard atau menu manapun kita berada, kita bisa langsung ke editor dengan mengklik button (seperti gambar di bawah ini) yang terletak di bagian atas halaman.

Tapi, saat mencoba dashboard baru blogger ini dengan browser Mozilla Firefox saya mendapat peringatan seperti ini:

Peramban Anda tidak lagi didukung oleh Blogger. Beberapa bagian Blogger tidak akan berfungsi dan Anda mungkin mengalami masalah.
Jika Anda mengalami masalah, coba Google Chrome. | Singkirkan

Entah karena versi dari Mozilla Firefox yang saya gunakan tidak mendukung atau karena google ingin "menggusur" Mozilla dengan Google Chrome yang memang produk dari Google.

Sesuatu yang baru tentu membawa rasa baru. Ada yang suka dan ada yang tidak. Bagi yang merasa kurang nyaman dengan tampilan baru atau lebih suka dashboard yang lama, untuk saat ini masih bisa kembali ke tampilan dashboard yang lama. Caranya cukup dengan mengklik tulisan Switch back yang ada di bagian halaman dashboard (lihat gambar dashboard baru di atas).

Tapi, lebih baik kita membiasakan diri dengan dashboard baru ini, karna natinya semua akan diupggrade ke dashboard baru secara permanen, seperti penjelasan google:

"You will be able to opt-out at any time by clicking the 'Switch back' link; however, all accounts will eventually be permanently upgraded,"

 

Referensi:

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment