Cara Membuat Email di Yahoo! Mail

Posted by M@storo on 28 July 2010

Yahoo! Mail adalah sebuah penyedia surat elektronik (webmail) dari Yahoo!, merupakan jasa penyedia surat elektronik terbesar di Internet dengan jutaan pengguna. Layanan gratis Yahoo! Mail cukup populer, walaupun tidak mendukung POP3, dengan membuat email di Yahoo! Mail ini berarti kita memiliki ID Yahoo! yang memberi akses ke layanan Yahoo! seperti email dan pesan instan (Yahoo! Mesenger), fitur keamanan seperti AntiVirus untuk email dan Pemblokir Pop-Up, dan hal-hal lain seperti foto dan musik online.

Cara membuat e-mail di Yahoo! Mail cukup mudah, langsung saja ke mail.yahoo.com atau untuk yang bahasa Indonesia di mail.yahoo.co.id. Kita akan dibawa ke halaman seperti gambar berikut:

Klik Create New Account (untuk yang id: Daftar), maka kita akan dibawa ke form pengisian data seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat Email di Yahoo! Mail

Disini saya menggunakan yang berbahasa inggris, untuk yang berbahasa indonesia (id) sama saja, hanya bahasa yang berbeda.

Kita bisa lihat, form tersebut terbagi menjadi 4 bagian (dibagi oleh garis), langkah-langkah pengisiannya adalah sebagai berikut:

1. Data pribadi

Isi kolom dengan lengkap data-data kita sesuai permintaan.

  • Name (id: Nama Saya); isi dengan nama lengkap
  • Gender (id: Jenis Kelamin); pilih satu dari menu drop down
  • Birthday (id: Tanggal Lahir); tanggal lahir, minimal berumur 16 tahun
  • Country (id: Saya tinggal di); pilih negara dari menu dropdown

2. Data ID dan password

Daftarkan nama ID yang kita inginkan, ID ini nantinya akan menjadi "alamat" email kita, juga digunakan untuk menjalankan layanan Yahoo! lain, seperti Yahoo! Messenger. Satu ID Yahoo! hanya berlaku untuk satu pengguna, tidak ada dua pengguna yang mempunyai ID sama.

Yahoo! ID and Email (ID Yahoo! dan Email): Isi kolom kosong dengan nama email yang kita inginkan, isi dengan huruf kecil semua. Lalu klik "check" (periksa). Apabila ID yang kita pilih sudah digunakan orang, kita bisa memilih salah satu pilihan yang diberikan oleh yahoo atau kita bisa memasukkan lagi ID yang lain.

Password (Kata Sandi): masukkan kata sandi yang mudah kita ingat tapi susah ditebak oleh orang lain karena ini menyangkut privasi dan keamanan kita. Yang perlu diingat dalam pengisian password:

  • Password bersifat case sensitif, artinya huruf besar / kecil berpengaruh
  • minimal 6 karakter - maksimal 32 karakter, jadi bisa huruf, angka, atau lambang
  • lebih baik jika menggunakan huruf besar, kecil, angka, dan karakter lain bersamaan.
  • Contoh: Ind0nes1@, #makan-T4naman

Kekuatan Password bisa dilihat pada kotak Password Strength (Kekuatan Kata Sandi)

Re-type Password (Ketik ulang Kata Sandi): tulis ulang password

3. Pertanyaan keamanan

Bagian ini untuk mengantisipasi jika kita lupa kata sandi atau ID kita.

  • Alternate Email (optional): hanya diisi jika kita memiliki email lain, jika belum kosongkan saja.
  • Secret Question 1 (Pertanyaan Keamanan 1): pilih petanyaan dari menu dropdown
  • Your Answer (Jawaban Anda): Isi dengan jawaban dari pertanyaan keamanan yang kita pilih di atas. Untuk Secret Question 2 , proses sama. Jawablah pertanyaan yang kita pilih tersebut dengan jawaban yang mudah kita ingat.

4. Captcha

Captcha adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test), digunakan untuk memastikan bahwa pendaftaran bukan dilakukan oleh mesin. Pada kolom “Type the code shown" (Ketik kode yang ditampilkan), isi dengan huruf dan atau angka yang ditampilkan oleh kotak di bawahnya.

Langkah terakir, klik Create My Account.

Bila ada kesalahan dalam pengisian form tadi maka akan tampil pesan kesalahan ditandai warna merah pada kolom yang salah atau kurang. Lengkapi/rubah isian yang kurang/salah.

Bila proses pendaftaran tersebut benar sukses maka akan tampil halaman seperti berikut:

Selamat anda sudah memiliki email di Yahoo! Mail. Untuk menggunakannya, klik continue.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment